Gigi Sensitif, Apa Itu??

Gigi sensitif merupakan permasalahan umum yang cukup banyak dialami, hingga tidak jarang gigi sensitif dapat mengganggu kenyamanan aktivitas sehari-hari. Misalnya ketika sedang menikmati makanan ataupun minuman tertentu, seseorang yang menderita gigi sensitif dapat merasakan sensasi yang tidak nyaman seperti rasa sakit, ngilu dan nyeri yang tajam di giginya.

Kondisi tersebut tentunya dapat mengganggu rutinitas harian yang dijalani. Penderita gigi sensitif seakan-akan tidak dapat menikmati makanan dan minuman dengan bebas. Selain itu, gigi sensitif juga dapat muncul ketika menyikat gigi atau ketika gigi terpapar suhu dingin ataupun panas. Nyeri ataupun ngilu yang dirasakan oleh penderitanya dapat terasa nyeri ringan hingga nyeri berat. Kemudian gigi sensitif juga dapat terjadi pada salah satu gigi, beberapa gigi atau bahkan semua gigi yang dapat terjadi sementara maupun hilang timbul dalam waktu yang lama.

Setiap gigi terdiri dari beberapa lapisan, lapisan terluar gigi adalam email gigi, lapisan tengah gigi adalah dentin dan lebih dalam lagi ada saluran akar gigi. Normalnya, gigi terlindungi oleh lapisan teratasnya yaitu email gigi. Karena dentin cukup sensitif terhadap dingin, panas dan manis. Apabila dentin terbuka karena lapisan email gigi mengalami kerusakan hingga dentin kontak langsung dengan rangsangan yang datang luar seperti makanan ataupun minuman yang dingin atau panas, maka akan memberikan rasa ngilu dan nyeri pada gigi.

Singkatnya, gigi sensitif terjadi ketika dentin serta ribuan saraf yang ada pada dentin terpapar langsung dengan makanan atau minuman tanpa adanya perlindungan, hingga menyebabkan rasa nyeri dan ngilu di gigi.

Rasa ngilu dan nyeri di gigi menjadi pertanda utama gigi sensitif. Namun ada beberapa kondisi atau aktivitas yang dapat menunjang seseorang merasakan ngilu dan nyeri, seperti:

· Ketika sedang membersihkan gigi, baik itu menggunakan sikat gigi ataupun menggunakan benang gigi

· Menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan alkohol

· Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin, terlalu panas, manis ataupun asam

· Ketika terpapar udara dingin

Tidak hanya itu, ada beberapa gejala lain dari gigi sensitif, yaitu:

· Gusi menyusut

· Perubahan sensasi rasa di mulut

· Gusi berubah warna menjadi kemerahan

· Adanya pembengkakan di gusi

· Halitosis atau bau mulut

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi bila mengalami gejala seperti yang telah disebutkan ataupun gangguan kesehatan gigi lainnya agar segera mendapatkan penanganan yang optimal. 

Info lebih lanjut Pelayanan Rumah Sakit Karya Medika
Group, Sahabat Karmed bisa menghubungi :

  • Rs. Karya Medika I ( 0812-8696-1058 )
  • Rs. Karya Medika II ( 0812-8080-1020 )
  • Rs. Karya Medika BG ( 0813-9000-5698 )
    Yuk kunjungi pelayanan Rumah Sakit Karya Medika Group terdekat dari kalian✨
Leave a reply