• 21 JUN 16
    • 0
    Perbanyak Protein agar Puasa Kuat Seharian

    Perbanyak Protein agar Puasa Kuat Seharian

    KOMPAS.com – Sering dilanda rasa lapar sebelum jam buka puasa? Coba ubah menu sahur Anda dengan memperbanyak asupan protein.

    Prof. Hardinsyah, MS. PhD selaku Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia menyebut kalau protein mampu menahan rasa kenyang lebih lama. Hardinsyah pun menyarankan untuk memperbanyak asupan protein saat sahur.

    Hardinsyah menjelaskan kalau protein sebenarnya menyimpan energi, hanya saja fungsinya berbeda dengan lemak. Keuntungan lainnya, protein bagus untuk pembentukan otot, jaringan tubuh, jantung, saluran pencernaan, dan kulit.

    “Kebanyakan orang mengasup karbohidrat seperti nasi, mi instan, atau bubur saat sahur. Justru makanan itu bikin rasa lapar datang lebih cepat,” ujar Hardinsyah dalam temu media bertema Pentingnya Keseimbangan Protein Untuk Kesehatan Optimal.

    Karbohidrat yang berasal dari nasi, bubur, atau roti, lanjut Hardinsyah, bersifat menurunkan gula darah lebih cepat. Akibatnya, lebih cepat menimbulkan rasa lapar.

    “Jika ingin mengkonsumsi karbohidrat, upayakan karbohidrat kompleks yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks ini bisa didapat dari beras merah atau roti gandum,” jelas Hardinsyah.

    Guru Besar Ilmu Gizi di Institut Pertanian Bogor ini juga menyarankan untuk menghindari makanan berlemak. Alasannya, lemak meningkatkan insulin yang berakibat turunnya gula darah sehingga cepat menimbulkan lapar.

    “Jangan lupakan asupan cairan. Usahakan minum air mineral yang cukup dan kalau bisa mendekati waktu Imsak,” pungkas Hardinsyah

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply