• 21 JUN 16
    • 0
    4 Gejala Kerusakan Hati Yang Sering Diabaikan

    4 Gejala Kerusakan Hati Yang Sering Diabaikan

    KOMPAS.com – Penyakit hati bisa disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B, C, dan A, kebiasaan minum alkohol berlebihan, hingga kelebihan lemak hati. Lambat laun, bisa terjadi sirosis atau kerusakan hati karena rusaknya sel-sel di hati.

    Jika tidak segera diobati bisa terjadi kerusakan secara permanen. Perhatikanlah kesehatan tubuh Anda. Jangan abaikan jika terjadi perubahan yang tidak sehat pada tubuh. Berikut tanda-tanda yang perlu diwaspadai terjadinya kerusakan hati seperti dikutip dari Boldsky.com.

    1. Warna urine gelap

    Pernahkah Anda selalu memperhatikan warna urine dan tinja? Perubahan warna bisa menjadi tanda penyakit tertentu. Jika urine berwarna gelap dan berbusa, serta tinja cair dan pucat, waspadai adanya kerusakan hati.

    2. Asam lambung naik

    Asam lambung naik bisa dipicu oleh konsumsi makanan yang terlalu asam. Jika hanya terjadi beberapa kali masih terbilang normal. Namun, jika refluks asam terus terjadi tanpa alasan yang jelas, diikuti mual dan muntah, bisa jadi tanda kerusakan hati.

    3. Tubuh gatal

    Tidak punya alergi dan masalah kulit, tetapi tubuh terasa sangat gatal merupakan tanda-tanda peringataan adanya kerusakan hati. Tubuh terasa gatal karena terjadi perubahan hormonal. Jangan ditunda, segera periksa ke dokter jika mengalami masalah ini.

    4. Mudah memar

    Tanda lain dari kerusakan hati adalah tubuh mudah memar dan perdarahan abnormal. Mudah memar dan terluka terjadi karena menurunnya fungsi hati untuk membekukan darah ketika terjadi luka atau cedera.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply